header-img

Brebes PPKM Level 3, Penyekatan Masih Diberlakukan

26 Juli 2021
Brebes PPKM Level 3, Penyekatan Masih Diberlakukan

BREBES, PANTURA POST - Kabupaten Brebes masuk dalam PPKM Level 3 sehingga penyekatan masih diberlakukan. Hingga hari ini, petugas masih melakukan penjagaan di pos-pos penyekatan di Jalur Pantura dan Exit Tol di Kabupaten Brebes.
Kasatlantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, selama penerapan kebijakan penutupan Exit Tol di Jawa Tengah, pihaknya mencatat ada 11.463 kendaraan yang dilakukan pemeriksaan di enam titik penyekatan di Brebes. Dari jumlah itu, sebanyak 6.926 kendaraan yang diputar balik karena tidak memenuhi syarat perjalanan.

"Selama 10 hari penutupan Exit Tol di Brebes ada 6.926 kendaraan yang diputar balik. Kendaraan tersebut diputar balik karena tidak memenuhi syarat dalam melakukan perjalanan selama penerapan kebijakan ini," kata Putri Noer Cholifah, Senin (26/7/2021).
Dari penutupan Exit Tol Pejagan, Exit Tol Brebes Barat, Exit Tol Brebes Timur, dan Jalur Pantura Kecipir Kecamatan Tanjung, ada 6.926 kendaraan yang diputar balik karena tidak memenuhi syarat.
Ia menerangkan, kendaraan yang diputar balik adalah kendaraan pribadi yang tidak memenuhi syarat, dan melakukan perjalanan dengan keperluan yang tidak jelas. "Kendaraan yang tidak memiliki surat vaksin dan tidak menunjukkan hasil rapid antigen, karena disinyalir mereka tidak memiliki surat keterangan untuk melakukan perjalanan," katanya.

Untuk tetap menjaga laju perkembangan COVID-19, lanjut dia, pihaknya akan tetap melakukan penutupan di ruas jalan utama di Brebes. Di antaranya di jalur Pantura dan perkotaan, penyekatan di Exit Tol Brebes Barat dan Exit Tol Brebes Timur. Sehingga, kendaraan-kendaraan berat tetap dialihkan ke jalur tol.
"Bukan hanya kendaraan besar, kendaraan-kendaraan yang keperluannya tidak jelas juga akan tetap kami putarbalikkan. Untuk lalu lintas, peraturannya masih memperbolehkan kendaraan esensial dan kendaraan kritikal. Untuk kendaraan pribadi tetap akan dilakukan pemeriksaan," ungkapnya.
Sementara itu, hingga kini petugas gabungan dari TNI-Polri dan Dishub Kabupaten Brebes masih melakukan penyekatan terpadu kendaraan yang melintas di jalur Pantura maupun Exit Tol. Petugas mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

SUMBER